Berita


Berliterasi Melalui Kunjungan Perpusatakaan


Dilansir dari wikipedia, istilah literasi dalam bahasa Latin disebut sebagai literatus, yang berarti orang yang belajar. Secara garis besar, literasi sendiri ialah istilah umum yang merujuk pada kemampuan dan keterampilan seseorang dalam membaca, menulis, berbicara, menghitung, juga memecahkan masalah di dalam kehidupan sehari-hari. Dengan kata lain, literasi tidak bisa dilepaskan dari kemampuan seseorang dalam berbahasa. SMA Muhammadiyah 3 Tulangan mendukung gerakan literasi melalui program di setiap kelas terdapat pohon literasi dan pojok baca serta kunjungan wajib ke perpustakaan yang dilaksanakan oleh peserta didik.

Perpustakaan merupakan tempat untuk menyimpan bahan bacaan dan sebagai sarana untuk menunjang proses pembelajaran di sekolah.  Dengan adanya perpustakaan sekolah peserta didik dapat meningkatkan kemampuannya untuk berliterasi. SMA Muhammadiyah 3 Tulangan memiliki program wajib kunjungan perpustakaan. Peserta didik dijadwal untuk kunjungan ke perpusatakan dengan didampingi oleh Bapak/Ibu guru.


Kunjungan perpustakaan dilakasanakan selama satu jam pelajaran atau 45 menit. Kegiatan yang dilakukan pada saat kunjungan perpustakaan adalah setiap peserta didik wajib memilih buku yang disukai sebagai bahan bacaan kemudian meresume isi buku yang sudah dibaca. Hasil resume akan dikumpulkan ke guru pendamping dan diberikan nilai. 

Kunjungan perpusatakaan ini merupakan langkah awal untuk menjadikan literasi sebagai budaya di sekolah. Dengan adanya program kunjungan perpusatakaan di SMA Muhammadiyah 3 Tulangan  diharapkan dapat meningkatkan minat baca peserta didik, menambah perbendaharaan kosa kata, menambah wawasan, dan meningkatkan kemampuan verbal peserta didik. 


Wahyu R.R.P., S.Pd. |9 Februari 2023



0 Komentar

Kirim Pesan