Berita


STOP BULLYING!!!


STOP BULLYING

LET MAKE OUR SCHOOL BULLYING FREE ZONE

The writer Chayati,S.Pd


Bullying atau perundungan merupakan bentuk penindasan atau kekerasan yang dilakukan dengan sengaja oleh seseorang atau secara berkelompok.

Perundungan bisa terjadi lingkungan mana saja seperti: di lingkungan bermain, sosial keluarga bahkan juga di lingkungan belajar.

Korban bullying juga bisa menimpa siapa saja tidak memandang usia, gender maupun ras. Salah satu penyebab menjadi korban bullying adalah karena ada yang berbeda dari mayoritas di lingkungan korban bullying. Dari segi penampilan misalnya memiliki berat badan terlalu gemuk, badan yang terlalu kurus , tingkat kepandaian dalam berkomunikasi, gender hingga status sosial dan lain lain.

Dampak bullying tidak dapat diremehkan begitu saja apalagi jika terjadi di lingkungan sekolah. Korban bisa saja mengalami gangguan kesehatan mental, merasa terisolasi secara sosial, tidak memiliki teman untuk sharing perasaan yang semua itu bisa mempengaruhi prestasi akademik.

Solusi pencegahan terjadinya bullying di lingkungan sekolah bisa dilakukan dengan menjalin komunikasi dan  hubungan baik antara orang tua dan sekolah. Orang tua perlu mengetahui perkembangan sekolah dan anak mereka.

Di SMA Muhammadiyah 3 Tulangan dalam rangka meniadakan terjadinya bullying antar pelajar di lingkungan sekolah maka salah satu program P5 kelas 10 yang menerapkan kurikulum merdeka pada tahun ajaran 2022-2023 mengambil tema stop bullying . Siswa kelas 10 diedukasi untuk mengerti dampak dan cara mencegah bullying. Mereka juga diberi kebebasan dalam mengekspresikan pendapat mereka tentang bullying dalam bentuk hasil karya poster stop bullying dan drama. 


SMA Muhammadiyah 3 Tulangan adalah sekolah berbasis Islam yang mencegah terjadinya bullying di lingkungan sekolah juga dengan menekankan penghayatan dan pengamalan  ayat Al qur’an dan hadis tentang bagaimana hubungan antar manusia menurut agama Islam.

Seperti firman Allah SWT dalam QS Al Hujarat ayat 10


Artinya ‘’ Orang – orang beriman itu sesungguhnya bersaudara. Sebab itu damaikanlah (perbaikilah hubungan) antar kedua saudaramu itu dan takutlah terhadap Allah, supaya kamu mendapat Rahmat.’’


Juga seperti firman Allah SWT dalam QS Al Isra’ ayat 7


Artinya: Jika kamu berbuat baik(berarti) kamu berbuat baik untuk dirimu sendiri. Dan jika kamu berbuat jahat, maka (kerugian kejahatan) itu untuk dirimu sendiri. Apabila dating saat hukuman ( kejahatan)yang kedua,( kami bangkitkan musuhmu) untuk menyuramkan wajahmu lalu mereka masuk ke dalam masjid ( Masjidil Aqsa), sebagaimana ketika mereka memasukinya pertama kali dan mereka membinasakan apa saja yang mereka kuasai.



 Dan penting juga mengenalkan apa itu Pedoman Hidup Islami Warga Muhammadiyah

yaitu merupakan seperangkat nilai dan norma Islami yang bersumber pada Al-Qur’an dan Sunnah untuk menjadi pola bagi tingkah laku warga Muhammadiyah dalam menjalani kehidupan sehari-hari sehingga tercermin kepribadian Islami menuju terwujudnya masyarakat Islam yang sebenar-benarnya. Dengan mengimplementasikan Pedoman Hidup Islami Warga Muhammadiyah pada kehidupan sehari hari maka tidak akan terjadi tindakan merundung pada seseorang.















0 Komentar

Kirim Pesan